Total Tayangan Halaman

Jumat, 04 Mei 2012

UAS Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan


UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 2011/2012
Mata Kuliah   : Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan
Dosen              : Alin Halimatussadiah, S.E., M.E.

  1. Hutan. Jelaskan bagaimana dimensi biologi dari pertumbuhan pohon seperti yang telah dikembangkan oleh Douglas Fir dimasukkan/terlihat dalam model keputusan menebang (harvesting decision)! Dalam model tersebut, jelaskan pula faktor apa saja yang menentukan keputusan menebang! Kita mengetahui bahwa model tersebut mengasumsikan bahwa keputusan menebang dilakukan hanya untuk 1 periode/siklus pertumbuhan pohon. Jika model tersebut dikembangkan menjadi infinite planning horizon model, dimana diasumsikan siklus penebangan dan penanaman yang berlangsung hingga waktu yang tak terhingga, apa saja poin-poin analisis yang membedakannya dengan model 1 siklus pertumbuhan pohon?
  2. Ikan. Rezim property rights yang bersifat open access pada eksploitasi ikan di Indonesia menyebabkan keberlangsungan kehidupan ikan dan nelayan terancam. Jelaskan dengan perangkat grafis, mengapa open access menyebabkan stok ikan terancam dan pendapatan nelayan rendah! Menurut Anda, apa usaha yang dapat dilakukan untuk membuat kondisi perikanan di Indonesia lebih baik?
  3. Pollution Control. Alokasi pasar akan polusi tidak menjanjikan kondisi zero pollution. Bagaimana sebenarnya pasar mengalokasikan polusi ini? Dengan asumsi perusahaan akan selalu memaksimumkan profit, tunjukkan pada tingkat mana perusahaan akan berproduksi/berpolusi dan bagaimana pajak Pigouvian dapat mengoreksi tingkat tersebut menuju tingkat polusi yang optimal!
  4. Mobile-Source Air Pollution. Apa saja kebijakan penanganan polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor di negara maju yang Anda ketahui dan kebijakan seperti apa yang menurut Anda memungkinkan untuk diterapkan di Indonesia? Berikan alasannya!
  5.  Pembangunan Berkelanjutan.
            a. Apa yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan?
            b. Apa yang dimaksud dengan Dutch Disease?
            c. Apa pendapat/prediksi Anda tentang kualitas kehidupan/kesejahteraan generasi mendatang?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar